Catat! 5 Kiat Penting Memilih Arsitek yang Tepat

Published on
Tuesday, May 7, 2024

Rekan Sibambo, mempercayai seseorang berdasarkan kemampuannya sudah tentu menjadi syarat utama kita saat akan menggunakan jasanya. Tengok saja profesi dokter, guna mengembalikan kesehatan tubuh saat didera sakit kita percayakan pada kemampuan medisnya untuk mencari tahu penyebab sakit dan mengobatinya. Tak jarang kita menelusuri rekam jejak kinerjanya demi jaminan kesehatan nomor wahid. Lantas, apakah di bidang arsitektur kita menerapkan prinsip yang sama untuk merancang bangunan? Apa saja yang bisa menjadi pertimbangan memilih konsultan perencanaan pembangunan hunian?


Ketika akan membangun rumah tinggal, setiap orang selalu dihadapkan pada pilihan "dengan bantuan jasa arsitek atau tidak". Tidak sedikit orang yang berpikir jika biaya menggunakan jasa arsitek tidaklah murah, bahkan tidak jarang mereka sama sekali tidak melibatkan arsitek pada proses membangun rumah. Padahal dengan melibatkan arsitek pada rencana pembangunan justru akan menghindarkan kita pada resiko-resiko yang kadang tidak diperhitungkan. Efisiensi waktu, fungsi ruang yang optimal, jaminan estetika dan keamanan bahkan terhindar dari resiko asal bangun sudah tentu menjadi daya tawar seorang arsitek dalam merancang bangunan.

Apalagi jika kita menginginkan hunian yang sesuai dengan karakter dan cerita menarik pemilik untuk mewujudkan hunian impiannya. Arsitek sebagai konsultan perencana menjadi jawaban yang mampu mengejawantahkan apa yang kita utarakan sebagai klien. Lantas apa saja yang mesti kita pertimbangkan ketika akan menggunakan jasa arsitek, simak lima kiat penting ini untuk memilih arsitek yang tepat.

 

  1. Temukan Desain

Dimana desain rumah impian anda berada? Apakah akan menduplikasi desain rumah yang pernah anda lihat sebelumnya? Atau mungkin bisa jadi anda punya cerita menarik yang bisa diwujudkan ke dalam desain rumah impian. Berselancarlah sejauh mungkin, menyelami lebih dalam media sosial bisa menjadi alternatif bagi anda saat ingin mengetahui apa yang menjadi referensi desain hunian nantinya. Banyak platform media sosial yang menyediakan visual menarik rumah kekinian yang tak hanya estetik tetapi juga mampu mencuri perhatian. Preferensi awal ini bisa menjadi cerita anda sebagai langkah pertama merencanakan pembangunan hunian. Ide desain inilah yang nantinya akan anda sampaikan pada konsultan perencana untuk dituangkan menjadi sebuah desain arsitektur.

  1. Riset Portfolio

Pelajari portfolio calon arsitek pilihan anda. Kunjungi website resmi dari ragam biro arsitek yang tersedia, atau mampirlah ke halaman media sosial mereka seperti instagram salah satunya. Saat ini banyak dan berkembang biro arsitek yang membagikan karya arsitektur mereka melalui konten di media sosial. Pertimbangkan dari juga segi kuantitas dan kualitas karya arsitekturnya. Satu hal yang paling penting adalah sesuaikan selera anda dengan bentuk-bentuk desain yang pernah didesain oleh biro arsitektur yang sedang anda riset. Jangan ragu untuk menghubungi mereka melalui kontak yang tersedia,setelah anda yakin dengan arsitek pilihan yang akan menangani desain huniananda segera buat janji pertemuan agar bisa berkomunikasi secara langsung.

  1. Tanyakan Pengalaman Klien

Budaya getok tular bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pencarian calon arsitek pilihan anda. Cerita dari mulut ke mulut serta rekomendasi dari klien sebelumnya bisa menjadi pertimbangan anda. Apalagi saat anda mengunjungi hunian lain lantas mengaguminya, jangan sungkan tanyakan siapa sosok di balik perencanaan pembangunannya. Testimoni klien sebelumnya mungkin bisa menguatkan keyakinan anda saat melabuhkan pilihan konsultan perencana. Bahkan tak jarang banyak biro arsitek yang kerap menggelar “Open Studio”, manfaatkan momen ini untuk datang agar bisa mengintip bagaimana alur kerja, melihat karya yang dihasilkan dan berkonsultasi langsung.

  1. Siapkan Pertanyaan Kunci

Setelah anda menemukan arsitek pilihan atas riset anda, atau berdasarkan komentar positif dari klien lain yang puas atas kinerja asiteknya, saatnya anda mulai penjajakan. Tanyakan sedetail mungkin pada arsitek pilihan anda seputar alur kerjanya, estimasi waktu mulai dan selesai pekerjaan, hingga biaya yang harus dikeluarkan. Anda tidak perlu sungkan bertanya bila ada hal-hal yang tidak dipahami. Semakin banyak anda bertanya, tentunya akan semakin banyak asupan informasi yang anda dapat guna mendukung rencana pembangunan anda. Tanyakan juga resiko atau kendala yang kerap dijumpai di lapangan, lantas apa solusi yang ditawarkannya. Jangan sampai terlewat juga agar anda semakin yakin dengan arsitek pilihan anda, pastikan sertifikasi yang dimiliki untuk mengetahui kredibilitas sang arsitek. Beberapa biro arsitek akan menggelar sesi wawacara untuk mengulik lebih dalam cerita anda dalam membangun hunian impian untuk mendapatkan kesamaan visi saat proses pembangunan.

  1. Bangun Chemistry

Intensitas pertemuan dengan konsultan perencana akan semakin sering dilakukan maka bangunlah komunikasi yang baik. Pilihlah arsitek yang anda rasa cocok dan mampu bekerja sama dengan anda, perlu diingat jika anda tidak akan berkomunikasi dengan arsitek satu dua hari selesai. Namun, ini akan memakan waktu dalam hitungan bulan bahkan tahun. Maka kenalilah kepribadian arsitek yang anda pilih, banyak dari arsitek yang aktif di media sosial langkah ini bisa anda manfaatkan untuk menemukan arsitek yang anda anggap mengerti kebutuhan dan sesuai dengan kepribadian anda.

Mesti direncanakan dengan matang dan proses yang dilaluinya pun panjang. Demikian perjalanan pembangunan rumah yang dilalui setiap orang. Bahkan tak jarang banyak kisah menarik yang menjadi latar belakang membangun hunian. Ada yang dibangun sebagai tanda kasih pada orang tersayang, pembuktian perjuangan hidup hingga disiapkan untuk menikmati hari tua. Bersama arsitek, apa yang kita tuturkan selalu menjadi pertimbangan dalam proses pembangunan rumah bahkan tidak dipungkiri akan lahir bangunan-bangunan tematik sebagai karya yang dipersembahkan untuk sang pemilik rumah. Karena setiap rumah punya cerita.

Rekan Sibambo, konsultasikan setiap perencanaan pembangunan rumah agar kita mendapat pilihan terbaik saat memilikinya. Untuk lebih tahu perjalanan dibalik proses pembangunan setiap rumah bisa disaksikan di channel youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta