Catat! 5 Alasan Penting Mengapa Kita Perlu Jasa Arsitek untuk Bangun Rumah

Published on
Saturday, March 16, 2024

Rekan Sibambo, saat kondisi tubuh sedang sakit apa yang lantas kita lakukan? Mencari tahu penyebab sakit tersebut dan mengobatinya dengan bantuan dokter yang terpercaya menjadi pilihan tepat sebagai upaya untuk mengembalikan kondisi tubuh menjadi sehat kembali. Alasan ini tidak terbesit begitu saja, namun hal tersebut adalah sebuah bentuk kepercayaan. Saat kita sakit, dokter adalah tujuan kita untuk berobat. Mengapa kepercayaan tersebut tidak kita terapkan juga saat berniat untuk membangun rumah? Apakah betul arsitek adalah jawaban atas pilihan perencanaan pembangunan hunian?

Ketika akan membangun rumah tinggal, setiap orang selalu dihadapkan pada pilihan "dengan bantuan jasa arsitek atau tidak". Tidak sedikit orang yang berpikir jika biaya menggunakan jasa arsitek tidaklah murah, bahkan tidak jarang mereka sama sekali tidak melibatkan arsitek pada proses membangun rumah. Padahal dengan melibatkan arsitek pada rencana pembangunan justru akan menghindarkan kita pada resiko-resiko yang kadang tidak diperhitungkan. Berikut ini adalah alasan mengapa kita perlu menggunakan jasa arsitek untuk membangun rumah.

1. Efisiensi

Untuk membangun sebuah rumah diperlukan banyak kesiapan. Tidak melulu soal budget, kadang waktu pun menjadi pertimbangan juga. Tidak sedikit orang yang menyiapkan dana dalam jumlah besar yang dikumpulkan dalam waktu yang tidak sebentar untuk membangun rumah. Ketika menggunakan jasa arsitek, anggaran yang akan kita keluarkan bisa lebih efisien. Arsitek akan memberikan rekomendasi paling maksimal untuk budget yang kita miliki. Dengan perhitungan dalam pembangunan rumah kita dapat menggunakan sumber daya melalui cara paling optimal, dan menghasilkan output maksimal tentunya dengan pengorbanan yang minimal. Nantinya, anggaran yang digunakan pun tidak akan lebih atau kurang.

2. Menghindari Resiko Asal Bangun

Kebanyakan orang saat membangun rumah adalah "coba aja dulu". Konsep Trial and Error kurang tepat jika kita terapkan saat membangun rumah, biasanya orang akan membangun dulu meski tanpa perencanaan, jika saat pengerjaan ada yang salah maka akan diperbaiki sambil berjalan, ujung-ujungnya malah rumah tidak selesai namun renovasi tiada henti. Tentunya kita akan kembali mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki kesalahan pembangunan ini, padahal anggaran yang dikeluarkan justrubisa kita alokasikan untuk jasa arsitek di awal rencana pembangunan.

3. Fungsi dan Ruang yang Optimal

Rumah yang kita bangun tentunya harus memenuhi segala apa yang kita butuhkan. Karena kita yang nantinya akan menempati bangunan ini, sudah semestinya bangunan tersebut berfungsi sebagaimana mestinya. Di awal, arsitek akan memaksimalkan potensi lahan untuk ketersediaan ruang. Dengan lahan terbatas, maupun lahan yang lebih luas apa yang diinginkan sang pemilik rumah nantinya bisa dilalui dengan konsultasi perencanaan bersama arsitek. Bahkan arsitek akan merekomendasikan dimana posisi terbaik setiap ruangan, bagaimana mengandalkan pencahaayaan dan sirkulasi alami, hingga menyediakan privasi tanpa mengesampingkan fungsi serta kenyamanan.

4. Estetika dan Keamanan

Setiap orang selalu menyukai keindahan, termasuk dalam urusan arsitektur. Keinginan untuk mendesain sendiri sah-sah saja, namun yang perlu diingat adalah konsultasikan setiap rencana tersebut. Dalam prosesnya, arsitek akan merekomendasikan gaya, model dan suasana ruang yang cocok untuk diterapkan. Tentunya dengan banyak pertimbangan, salah satunya adalah faktor lingkungan. Arsitek akan menggandeng orang teknik sipil dan tim ahli yang kompeten dalam perhitungan dan penempatan struktur sesuai analisa agar bangunan teruji serta kokoh. Jangan sampai rumah yang kita bangun lemah secara struktural yang nantinya malah membahayakan jiwa penghuninya.

5. Cerita

Mesti direncanakan dengan matang dan proses yang dilaluinya pun panjang. Demikian perjalanan pembangunan rumah yang dilalui setiap orang. Bahkan tak jarang banyak kisah menarik yang menjadi latar belakang membangun hunian. Ada yang dibangun sebagai tanda kasih pada orang tersayang, pembuktian perjuangan hidup hingga disiapkan untuk menikmati hari tua. Bersama arsitek, apa yang kita tuturkan selalu menjadi pertimbangan dalam proses pembangunan rumah bahkan tidak dipungkiri akan lahir bangunan-bangunan tematik sebagai karya yang dipersembahkan untuk sang pemilik rumah. Karena setiap rumah punya cerita.

Rekan Sibambo, konsultasikan setiap perencanaan pembangunan rumah agar kita mendapat pilihan terbaik saat memilikinya. Untuk lebih tahu perjalanan dibalik proses pembangunan setiap rumah bisa disaksikan di channel youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta