Dibuai Senyap Sekitar Manyar

Published on
Saturday, December 9, 2023

Saat memasuki lokasi pameran foto Sekitar Manyar, pengunjung mesti menyalin kode batang yang terkoneksi dengan aplikasi BDD pada gawainya masing-masing. Berlokasi di kedai Kopi Manyar, Bintaro pameran foto ini menyuguhkan beragam karya foto dari tim Andra Matin, Artiandi Akbar dan tim Andi Rahmat. Di ruang pamer utama terdapat beberapa foto yang digantung menghadap atas menggunakan tali nilon, pengunjung diajak mengitari ruang pamer dengan tetap memperhatikan ruang gerak.

Diulas sekilas jika Manyar adalah satu perumahan yang terletak antara Jakarta dan Tangerang Selatan. Sejak 1998, arsitek Andra Matin menginisiasi mengembangkan Manyar sebagai lingkungan kota yang terancang secara organik. Dalam kurun waktu 25 tahun studio andramatin menghuni dan membentuk lingkungan Manyar selaras dengan kebutuhan sekitarnya. Kontribusinya meliputi perancangan kedai kopi, galeri multi-fungsi, tempat bermain kucig, gazebo, perpustakaan, toko buku dan juga pos keamanan warga.

Pada beberapa foto ditampilkan betapa menenangkannya suasana Manyar, tertulis pada satu foto 11.35 WIB (2023), "Pesan rahasia untuk pengembang: rumah-rumah mengitari taman". Melalui pameran foto ini pengunjung diajak menikmati dua blok perumahan yang berbeda, Manyar seolah lingkungan istimewa. Pelataran terbuka dan kolam-kolam air dengan suara aliran yang menenangkan membawa suasana teduh bagi khalayak sekitarnya. Taman dan fasilitas umum menjadikan Manyar semakin aksesibel bagi pengunjungnya.

Dua ruangan di sisi kanan pintu masuk digunakan sebagai ruang display video yang dilengkapi 4 kursi di masing-masing ruang yang dapat digunakan pengunjung. Terdapat dua penanda berbeda di masing-masing ruangan yaitu "Pandangan Mereka" dan "Menata Manyar". Video yang diputar berulang menceritakan bagaimana perjalanan panjang menghadirkan atmosfer baru dan kesan merasakannya di lingkungan Manyar. Manyar telah menjelma menjadi lingkungan yang berkebalikan dengan banyak kondisi lingkungan kota di Jakarta. Manyar menjadi lingkungan yang teduh, mengutamakan akses pejalan kaki, tenang dan yang terpenting adalah inklusif.

Ada juga ruang video di tempat terpisah yang lebih luas dengan layar pada dinding yang juga bisa dinikmati pengunjung sambil berdiri. Berada berdampingan dengan ruang bermain kucing, ruang video ini menampilkan tayangan-tayangan mengenai lingkungan Manyar yang merepresentasikan sebuah hunian maupun lingkungan bertetangga dari beragam potongan ruangnya. Pengunjung kian diperkenalkan pada hubungan antara desain dan lingkungan keseharian dalam aspek yang lebih intim, pertumbuhan organik sebuah lingkungan dan harmonisasi setiap isinya dari waktu ke waktu. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta