Jatuh Cinta pada Pandangan "Fasad" Pertama, Mengenal Istilah dan Fungsi Fasad Bangunan

Published on
Wednesday, April 24, 2024

Rekan Sibambo, percayakah kalian dengan "Jatuh Cinta pada Pandangan Pertama"? Meski hanya sepersekian detik menatap, lalu tiba-tiba merasa tertarik dan suka yang amat mendalam. Apakah jatuh cinta seperti ini berlaku juga di dunia arsitektur?

Ternyata ketertarikan pada impresi pertama ini tidak hanya pada sifat seseorang saja, di dunia arsitektur saat kita melirik sebuah rumah hal yang pertama ada di depan mata adalah bagian luar yang memiliki desain eksterior. Semakin menarik bagian muka bangunan tentunya meninggalkan kesan mendalam bagi siapapun yang melihatnya.

Dalam istilah arsitektur, bagian muka bangunan ini disebut dengan "Fasad". Berasal dari bahasa Prancis: façade merupakan suatu sisi luar (eksterior) sebuah bangunan, umumnya adalah bagian depan namun kadang-kadang juga bagian samping dan belakang bangunan. Secara harfiah, fasad diartikan depan atau muka. Dalam arsitektur fasad bangunan adalah satu hal paling penting dari sudut pandang desain, karena ia memberikan suasana pada bagian-bagian bangunan lainnya.

Banyak orang percaya jika fasad menjadi bagian yang menunjukkan identitas, karakter atau gaya suatu bangunan hunian. Dengan menggandeng jasa konsultan perencana tentunya ide-ide menarik sang pemilik bisa dituangkan dalam satu desain arsitektur yang nantinya tidak hanya berfungsi estetika saja, namun juga aman dan nyaman secara struktur bangunan. Nantinya fasad bangunan pun tidak hanya bagus secara visual saja yang bisa memanjakan mata namun juga kokoh bagi penghuninya.

Sebagai elemen pertama yang dilihat dari sebuah rumah, fasad tidak hanya berfungsi sebagai perwajahan bangunan yang mengundang daya tarik saja. Beberapa fungsi lainnya diantaranya adalah menjaga privasi para penghuni rumah, melindungi dari cuaca saat panas dan hujan bahkan dengan perencanaanyang baik fasad mampu menjadi penangkal cahaya matahari langsung hingga suhu dalam ruangan tetap stabil dan memberikan rasa nyaman bagi penghuni rumah.

Dari segi bisnis pun, keberadaan fasad bangunan ini pun memberikan fungsi ekonomi. Bagian muka bangunan ini sangat penting untuk meningkatkan nilai dari keseluruhan bangunan. Semakin indah, mewah, megah maka sudah pasti semakin mahal juga nilai suatu bangunan. Jadi, sudah tertarik untuk mendesain fasad bangunan sesuai dengan keinginan kalian?

Rekan Sibambo, konsultasikan rencana desain bangunan huniananda dengan konsultan perencana terpercaya. Untuk lebih tahu ragam pilihan fasad sebagai referensi hunian keluarga anda kunjungi channel Youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta