Mengenal Curing Beton, Perangkap Penguapan Pendukung Konstruksi

Published on
Thursday, January 25, 2024

Rekan Sibambo pernahkah memperhatikan aktivitas pekerja bangunan yang menyiram kolom beton dengan air? Biasanya penyiraman kolom beton ini dilakukan selama kurang lebih 30 menit saat pagi hari sebelum para pekerja melakukan aktivitas lain. Lantas kenapa sih pekerja repot-repot menyiram kolom beton ini?

Beton merupakan elemen penting dalam pekerjaan konstruksi. Material ini tersusun dari kombinasi pasir dan kerikil. Agar struktur konstruksi dapat bertahan lama, beton perlu melalui prosedur khusus. Salah satunya dengan penyiraman menggunakan air ini.

Pekerjaan ini lazim disebut dengan “Curing Beton” yaitu suatu prosedur untuk mempertahankan fleksibilitas dan mencapai mutu beton yang diinginkan. Jika biasanya para pekerja menyiram kolom beton, ada yang berbeda nih Rekan Sibambo dengan apa yang dilakukan oleh tim Sicons Construction saat curing beton ini. Ditemui saat site visit proyek Alleya Garderobe di Yogyakarta, tim Sicons melakukan curing beton dengan metode yang cukup unik yaitu dengan membungkusnya menggunakan plastic wrap.

Sekilas seperti membungkus makanan menggunakan plastik ya Rekan Sibambo. Pada prinsipnya, metode membungkus kolom beton menggunakan plastik ini dilakukan untuk menjaga agar penguapan dalam beton tidak keluar, sehingga air menjadi terperangkap dalam beton. Beton yang terlalu keras dan kering hanya akan membuat konstruksi sulit menyatu dan mudah retak.

“Kami membungkus 17 kolom beton di proyek Alleya Garderobe Yogyakarta ini selama kurang lebih 7 hingga 28 hari, ini dilakukan agar beton dapat bertahan melalui perubahan cuaca sehingga mutu beton yang diinginkan bisa tercapai,” ungkap Aldi Efendi, site manager Sicons Construction yang bertanggung jawab menangani proyek Alleya Garderobe ini.

Ditemui di lokasi yang sama, founder Sicons Construction Rahmat Cepi Fajarulloh melengkapi penjelasannya, “Curing beton menggunakan plastik ini menjaga agar pengupan dalam beton tidak keluar, sehingga air akan terperangkap selama rentang waktu yang diinginkan. Ini akan mengoptimalkan kekuatan beton selama proses pembungkusan ini dilakukan, berbeda jika harus disiram setiap hari waktu pengerjaan menjadi kurang efektif, bahkan penguapan yang terlalu cepat beresiko menyebabkan keretakan pada beton,” papar Rahmat Cepi.

Nah, Rekan Sibambo untuk melengkapi informasi lain seputar desain arsitektur, konstruksi dan seputar proyek pengerjaan Alleya Garderobe ini silakan kunjungi channel youtube Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta