Kenali Pilihanmu, Ini Dia 5 Pilihan Desain Fasad Rumah

Published on
Wednesday, May 1, 2024

Rekan Sibambo, saat mata beradu pandang dengan desain eksterior sebuah bangunan sudah tentu bagian fasadlah yang menjadi pembuka dari bangunan tersebut. Yang mesti diingat adalah tampilan muka bangunan ini biasanya akan merepresentasikan bagian dalam bangunan, dan sudah pasti akan merepresentasikan sang pemilik bangunan itu sendiri. Saat ini, sudah terbayangkah bagaimana nantinya desain fasad hunian impianmu?

Karena fasad akan menjadi hal pertama yang dilihat pada sebuah bangunan, maka fasad mesti didesain dengan matang. Ada banyak sekali desain fasad rumah yang bisa diterapkan pada rumah impian kalian. Semuanya tergantung pada selera dan kebutuhan setiap orang. Namun, jangan lupa perencanaan yang matang adalah salah satu kunci yang bisa menentukan elok tidaknya tampilan hunian kita nantinya. Maka, konsultasikanlah bersama konsultan perencana dengan menggandeng jasa arsitek terpercaya guna mewujudkan desain muka bangunan yang tidak hanya indah dari segi estetika namun nyaman dan aman bagi penghuninya. Beberapa desain dibawah ini adalah pilihan desain fasad rumah yang bisa menjadi pertimbangan untuk diaplikasikan pada hunian impian kalian, Rekan Sibambo.

1. Fasad Klasik

Bagi para pengagum kemegahan, desain fasad klasik bisa menjadi pilihan. Tampilan muka bangunan jenis klasik ini kerap mempertahankan keunikan masa lampau hingga membuat fasas bangunan terkesan mewah dan megah layaknya istana. Banyak orang yang mengadopsi desain fasad klasik untuk memberikan sentuhan berkelas dan kesan mahal pada hunian. Secara sekilas sangat mudah mengidentifikasi desain fasad klasik diantaranya adalah penggunaan material alami seperti batu dan kayu, sisi bangunan selalu dibuat simetris bagian kanan dan kirinya, bahkan tak jarang desain fasad klasik menonjolkan deretan pilar atau kolom yang tinggi untuk menambah kesan elegan pada bangunan.

2. Fasad Minimalis

Simpel, kesan yang terpikirkan saat membayangkan desain fasad minimalis. Berbeda dengan fasad klasik yang penuh detail, jenis fasad minimalis lebih mengedepankan pada fungsionalitas dan kesederhanaan. Meski tidak memiliki banyak detail, namun tampilan muka bangunan yang menganut desain minimalis justru tidak membuat orang jenuh. Hunian dengan desain fasad minimalis biasanya memiliki garis-garis yang simpel, penggunaan warna yang tidak lebih dari dua warna dasar, bahkan cenderung didominasi warna monokrom namun tak kalah menawan dari desain fasad jenis lain.

3. Fasad Vernakular

Faktor lingkungan sekitar tak jarang mempengaruhi desain fasad yang dipilih oleh sang pemilik hunian. Adat istiadat dan budaya setempat kadang menjadi faktor acuan pemilik rumah untuk mengaplikasikannya pada hunian impian. Alasan adat dan budaya inilah yang menjadi perwujudan fasad vernakular. Tak jarang, akibat adat dan budaya yang kental justru melahirkan fasad vernakular yang unik dan khas. Pada masyarakat Indonesia, desain fasad ini mudah ditemukan karena cenderung mengadopsi gaya rumah-rumah tradisional, penggunaan material berdasarkan ketersediaannya di lingkungan setempat hingga pemilihan motif dan dekorasi yang berasal dari adat dan budaya setempat.

4. Fasad Modern

Desain fasad modern banyak digunakan sejak awal 1970-an, hingga saat ini masih banyak peminat desain modern karena dianggap mampu menghadirkan kesan kekinian yang tak lekang oleh waktu. Tren yang terus berkembang membuat desain fasad modern kian digemari karena terus berinovasi, dinamis dan futuristik. Selain pertimbangan faktor estetika, fungsionalitas, dan keberlanjutan, desain fasad modern dapat memberikan tampilan yang menarik dan mengesankan pada bangunan. Pada fasad modern, kita sering menjumpai penggunaan aksen yang unik, garis yang tajam serta bentuk geometris, memiliki atap datar dan yang paling utama adalah komitmen untuk pembangunan berkelanjutan dengan memilih penggunaan material ramah lingkungan.

5. Fasad Kontemporer

Desain fasad kontemporer lahir dengan membidani perkembangan zaman, sehingga nampak lebih terlihat bebas, kreatif bahkan cenderung liar. Umumnya memiliki bentuk yang unik dan tidak terlalu terikat oleh aturan-aturan desain tertentu yang menjadikannya terkesan tak biasa dan bergaya nyentrik. Fasad kontemporer tampil sangat stylish dengan menonjolkan garis-garis vertikal dan horizontal yang dibuat lebih ekspresif. Penggunaan material pun tak main-main dengan menggunakan material kaca, logam, beton dan baja. Desain fasad kontemporer bisa menjadi tempat eksperimen antara pemilik rumah dan arsitek sebagai konsultan perencana untuk mengeksplorasi kreativitas keduanya.

Rekan Sibambo, dari kelima desain fasad diatas manakakah yang menjadi pilihan kalian untuk gaya hunian impian? Segera konsultasikan ide anda dengan konsultan perencana terpercaya, kombinasi inilah yang melahirkan inovasi dan ekspresi dalam desain sehingga setiap rumah menjadi unik dan mencerminkan kepribadian penghuninya. Untuk lebih tahu ragam pilihan fasad sebagai referensi hunian impian anda kunjungi channel Youtube: Sibambo Studio. (Sibambo/Djuli Pamungkas)

image-cta

Follow our social media!

PILIHAN PROFESIONAL UNTUK HUNIAN YANG IDEAL

HUBUNGI KAMI
Rekomendasi Artikel Selanjutnya
image-cta